Menu Close

Amandel Dapat Diobati Dengan Obat Ini

Obat amandel – Amandel atau tonsilitis meski umum terjadi pada anak-anak, tonsilitis juga bisa menyerang orang dewasa dan bisa sangat mengganggu. Lantas, apa saja yang termasuk dalam obat tonsilitis?

Tonsilitis atau tonsilitis adalah suatu kondisi di mana amandel terinfeksi, akibat infeksi bakteri atau virus. Gejala berupa amandel yang membengkak atau meradang, sakit tenggorokan, nyeri saat menelan, demam, suara serak, bau mulut, dan batuk.

Obat radang amandel dengan bahan alami
Beberapa orang sembuh sendiri atau dengan perawatan di rumah, tetapi yang lain memerlukan tindakan khusus. Ada sejumlah pengobatan rumahan yang dapat secara efektif mengobati atau mengurangi gejala radang amandel, termasuk yang berikut ini:

Berkumurlah dengan air garam
Obat alami radang amandel adalah air garam. Berkumur dengan garam hangat atau air asin dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan nyeri akibat radang amandel. Air garam hangat ini juga dapat mengurangi peradangan dan bahkan membantu mengobati infeksi.

Campurkan sekitar 1/2 sendok teh garam dengan sekitar 4 ons air hangat, aduk sampai garam larut. Anda bisa berkumur beberapa detik, lalu meludahkannya, lalu bilas mulut Anda dengan air bersih.

Obat untuk tonsilitis, yaitu emulsi
Lozenge adalah tablet obat kecil, biasanya dalam bentuk permen, yang digunakan dalam tablet hisap dan tablet hisap yang membantu menenangkan tenggorokan. Beberapa tablet atau permen ini dibuat dengan sifat atau bahan antiinflamasi alami yang dapat meredakan sakit tenggorokan.

Obat pelega tenggorokan biasanya memiliki manfaat anti-inflamasi yang kuat karena membantu meredakan ketidaknyamanan dan pembengkakan pada amandel dan tenggorokan.

Namun, tablet hisap tonsilitis sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak karena berisiko tercekik. Sebagai gantinya, gunakan obat radang amandel dalam bentuk semprotan tenggorokan bayi.

Teh panas dengan madu mentah
Minuman panas seperti teh bisa menjadi obat yang baik untuk radang amandel. Teh dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang terkait dengan tonsilitis. Madu mentah yang ditambahkan ke teh juga dipercaya memiliki sifat antibakteri yang kuat dan membantu mengobati infeksi.

Anda bisa minum teh panas dengan mencampurkan madu. Beberapa teh dapat meningkatkan manfaat obat rumahan ini, seperti teh jahe dengan sifat anti-inflamasi yang kuat atau teh adas, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan.

Es krim atau minuman beku sebagai obat alami radang amandel
Sifat dingin juga bisa efektif dalam mengobati rasa sakit, peradangan, dan bengkak yang terkait dengan tonsilitis. Es krim, es batu, atau minuman beku dapat membantu anak kecil yang tidak dapat menggunakan pengobatan alami lainnya dengan aman.

Tetapi bahkan anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa bisa mendapatkan keuntungan dari es krim atau minuman beku ini.

Pelembab udara
Obat tonsilitis lain yang bisa Anda aplikasikan adalah pelembab. Ini dapat membantu meredakan sakit tenggorokan jika udara di sekitar Anda kering atau jika Anda mengalami mulut kering karena tonsilitis.

Udara kering dapat mengiritasi tenggorokan, dan pelembab udara dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan amandel dengan menambahkan kelembapan pada udara.

Jagalah agar udara di sekitar Anda tetap lembap saat dibutuhkan, terutama saat tidur di malam hari, sampai tonsilitis Anda hilang.

Untuk menunjang perawatan di rumah, Anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

Istirahat yang cukup atau lebih
Pastikan Anda memiliki cukup cairan untuk menjaga tenggorokan tetap lembap dan mencegah dehidrasi
Makan makanan atau minuman yang menenangkan, seperti teh panas dengan madu, es, dll.
Hindari iritasi, dan jaga rumah Anda bebas dari asap rokok dan produk lain yang dapat mengiritasi tenggorokan

Pengobatan radang amandel dengan resep atau prosedur medis
Dalam keadaan tertentu, perawatan di rumah mungkin tidak cukup dan obat-obatan khusus atau tindakan medis lain diperlukan, seperti berikut ini:
farmasi
Obat radang amandel bergantung pada penyebab peradangan pada amandel. Misalnya, untuk radang amandel yang disebabkan oleh bakteri, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik.

Mengambil penisilin selama 10 hari adalah contoh pengobatan antibiotik yang paling umum diresepkan sebagai obat radang amandel yang disebabkan oleh infeksi bakteri (Streptokokus Grup A).

Sedangkan tonsilitis yang disebabkan oleh virus biasanya memerlukan program khusus dan Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan menunggu hasil tes untuk mengetahui jenis tonsilitis yang Anda alami.

Untuk meredakan nyeri tonsilitis yang terkait dengan infeksi virus, dokter Anda kemungkinan besar akan merekomendasikan acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil) sebagai obat tonsilitis.

Proses pengangkatan
Seorang dokter hanya dapat merekomendasikan pembedahan untuk mengangkat amandel, jika tonsilitis sudah kronis, berulang dan menyebabkan masalah lain, seperti masalah pernapasan, maka infeksinya telah menyebar ke daerah lain. , Dll

Beberapa metode operasi termasuk laser, gelombang radio, ultrasound, dan jarum panas.

Yang harus ditekankan, operasi pengangkatan merupakan pilihan terakhir, karena efek negatif dan efek jangka panjang operasi harus dihindari dan dipertimbangkan.

Pencegahan tonsilitis
Mencuci tangan masih menjadi cara paling sederhana dan penting untuk membantu mencegah penyebaran virus dan bakteri penyebab radang amandel.

Selain itu, Anda juga dapat menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang mengalami sakit tenggorokan atau amandel dan belum minum obat apa pun atau belum sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *